Monday, 7 December 2015

Pengantar Jaringan Komputer



“PENGANTAR JARINGAN KOMPUTER”





  

NAMA             = RIZKA AMALIAH ANAS
NIM                 = 1329040096
KELAS              = PTIK 01


FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2014





KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Swt. karena berkat rahmat, hidayah, dan karuniaNyalah sehingga penulis mampu menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya.

Makalah ini memuat informasi tentang “Pengantar Jaringan Komputer” dimana di dalamnya terdapat materi mulai dari pengertian computer hingga macam – macam jaringan computer yang dibuat sebagai wadah untuk menambah ilmu pengetahuan serta pemahaman mengenai jaringan komputer itu sendiri.

Namun demikian, penulis menyadari bahwa makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan. Maka dengan itu, kritik dan saran yang membangun senantiasa penulis harapkan demi kesempurnaan makalah – makalah selanjutnya. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pembuatan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaaat bagi pembaca. Amin.

                                                                        Makassar, 02 Maret 2013

                                                                           Rizka Amaliah Anas






DAFTAR ISI

Sampul…………………………...…………………………………………….......1
Kata Pengantar……………………………………..……………………………...2
Daftar Isi…………………………………………...………………………………3
BAB I             PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang……………………………………..………………….4
B.     Rumusan Makalah………………………………………...…………...4
C.     Tujuan Penulisan Makalah………………………………………...…..5
BAB II                        PEMBAHASAN
A.    Pengertian Jaringan Komputer…………………………………......…5
B.     Jaringan Komputer & Sistem Terdistribusi…………………….…….14
C.     Sejarah Komputer & Jaringan..............................................................17
BAB III          PENUTUP
A.    Kesimpulan…………………………..………………………………28
B.     Saran………………………………………………………..………..28
Daftar Pustaka……………………………………………………………..…….29




BAB I
PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG
Seiring dengan perkembangan modernisasi dewasa ini, pekerjaan manusia menjadi lebih rumit dan memiliki kompleksitas budaya tinggi dalam pengerjaannya. Hal terpenting dalam perkembangan dan dalam penyelesaian dari berbagai masalah belakangan ini adalah bagaimana sesorang memperoleh data yang akurat, fleksibel, dan mudah didapatkan. Hal ini tentunya memicu pemikiran manusia untuk menindak lanjuti akar masalah tersebut dengan membuat sebuah jaringan yang mampu menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lainnya. Baik itu dalam suatu area tertentu yang tertutup maupun yang lebih meluas dan mengglobal.
 Melihat tingginya kebutuhan akan informasi, dan menindak lanjuti atas kesulitan dalam penyaluran informasi tersebut, kami selaku tim penulis berinisiatif untuk memberikan sedikit pengetahuan dalam upaya mempermudah penyaluran informasi dan juga untuk mengetahui seberapa penting dan bagaimanakah manfaat dari jaringan komputer dengan mengangkat materi tentang jaringan komputer.
Zaman sekarang, Internet dan World Wide Web (WWW) sangat populer di seluruh dunia. Banyak masyarakat yang membutuhkan aplikasi yang berbasis Internet, seperti E-Mail dan akses Web melalui internet. Sehingga makin banyak aplikasi bisnis yang berkembang berjalan di atas internet. Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) merupakan protokol yang melandasi internet dan jaringan dunia.

  1. RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian jaringan computer ?
2.      Apa macam – macam jaringan computer ?

  1. TUJUAN PENULISAN MAKALAH
Adapun tujuan umum penulisan makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Jaringan Komputer Dasar Fakultas Teknik Univeritas Negeri Makassar.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.
Jaringan komputer adalah himpunan “interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Bila sebuah komputer dapat membuat komputer lainnya restart, shutdown, atau melakukan kontrol lainnya, maka komputer-komputer tersebut bukan autonomous (tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh).
Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data /informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti file, printer, media penyimpanan (hardisk, floppy disk, cd-rom, flash disk, all). Data yang berupa teks, audio, maupun video bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer dapat saling bertukar file/data, mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardware/ software yang terhubung dalam jaringan secara bersama-sama.
Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut dengan node. Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangnya terdiri dari dua unit komputer atau lebih, dapat berjumlah puluhan komputer, rihuan, atau bahkan jutaan node yang saling terhubung sate sama lain. Di dalam jaringan komputer dikenal sistem koneksi antarnode (komputer), yakni:
            A.1      PEER TO PEER
Peer to Peer adalah adalah suatu teknologi sharing (pemakaian bersama) resource dan service antara satu komputer dan komputer yang lain. pengertian yang lebih tepat mengenai peer to peer (p2p) adalah sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).
Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Untuk penggunaan khusus, seperti laboratorium komputer, riset, dan beberapa hal lain, maka model peer to peer ini bisa saja dikembangkan untuk koneksi lebih dari 10 hingga 100 komputer. Peer to peer adalah suatu model di mana tiap PC dapat memakai resource pada PC lain atau memberikan resourcenya untuk dipakai PC lain. Dengan kata lain dapat berfungsi sebagai client maupun server pada periode yang sama. Metode peer to peer ini pada sistem Windows dikenal sebagai Workgroup, di mana tiap-tiap komputer dalam satu jaringan dikelompokkan dalam satu kelompok kerja.
                Kelebihan jaringan Peer To Peer
Ä  Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang di     milikinya seperti hardisk, drive, modem dan printer.
Ä  Biaya operasional relatif lebih murah di bandingkan dengan tipe jaringan clien-server. salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
Ä  Kelangsungan kerja tidak tergantung pada satu server. sehingga bila satu komputer mengalami gangguan atau rusak tidak akan mengganggu komputer lain.
Ä  Implementasinya murah dan mudah.
Ä  Tidak memerlukan software administrasi jaringan yang khusus
Ä  Tidak memerlukan administrator jaringan.
Kekurangan jaringan Peer To Peer
Ä  Jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan peer to peer setiap komputer di mungkinkan akan terlibat dalam komunikasi yang ada.di jaringan clien-server komunikasi adalah antara server dan workstation.
Ä  Sistem keamanan jaringan adalah di tentukan masing masing user dengan mengatur keamanan masing masing fasilitas yang di miliki.
Ä  Karena data jaringan tersebar di masing masing komputer dalam jaringan. maka backup harus dilakukan masing masing komputer tersebut.
Ä  Jaringan tidak bisa terlalu besar (tidak bisa memperbesar jaringan).
Ä  Tingkat keamanan rendah.
Ä  Tidak ada yang memanajemen jaringan.
Ä  Pengguna komputer jaringan harus terlatih mengamankan komputer masing-masing.
            A.2      CLIENT – SERVER
Client merupakan sembarang sistem atau proses yang melakukan suatu permintaan data atau layanan ke server sedangkan server ialah, sistem atau proses yang menyediakan data atau layanan yang diminta oleh client.
Client-Server adalah pembagian kerja antara server dan client yang mengakses server dalam suatu jaringan.  Jadi arsitektur client – server adalah desain sebuah aplikasi terdiri dari client dan server yang saling berkomunikasi ketika mengakses server dalam suatu jaringan.
Sistem client server didefinisikan sebagai sistem terdistribusi, tetapi ada beberapa perbedaan karakteristik yaitu :
1.      Servis (layanan)
§  Hubungan antara proses yang berjalan pada mesin yang berbeda
§  Pemisahan fungsi berdasarkan ide layanannya
§  Server sebagai provider, client sebagai konsumen
2. Sharing resources (sumber daya): Server bisa melayani beberapa client pada waktu yang sama, dan meregulasi akses bersama untuk share sumber daya dalam menjamin konsistensinya.
3. Asymmetrical protocol (protokol yang tidak simetris ): Many-to-one relationship antara client dan server.Client selalu menginisiasikan dialog melalui layanan permintaan, dan server menunggu secara pasif request dari client.
4. Transparansi lokasi: Proses yang dilakukan server boleh terletak pada mesin yang sama atau pada mesin yang berbeda melalui jaringan.Lokasi server harus mudah diakses dari client.
5. Mix-and-Match : Perbedaan server client platforms
6. Pesan berbasiskan komunikasi; Interaksi server dan client melalui pengiriman pesan yang menyertakan permintaan dan jawaban.
7. Pemisahan interface dan implementasi: Server bisa diupgrade tanpa mempengaruhi client selama interface pesan yang diterbitkan tidak berubah.
§  Client Server System
§  Client / Server Application
            Perbedaan Tipe Client-Server

1. File Servers
*      File server vendors mengklaim bahwa mereka pertama menemukan istilah client-server.
*      Untuk sharing file melalui jaringan
2.      Database Servers
*      Client mengirimkan SQL requests sebagai pesan pada database server,selanjutnya hasil perintah SQL dikembalikan.
*      Server menggunakan kekuatan proses yang diinginkan untuk menemukan data yang diminta dan kemudian semua record dikembalikan pada client.
3.      Transaction Servers (Transaksi Server)
*      Client meminta remote procedures yang terletak pada server dengan sebuah SQL database engine.
*      Remote procedures ini mengeksekusi sebuah grup dari SQL statement.
*      Hanya satu permintaan / jawaban yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi
4.      Groupsware Servers
*      Dikenal sebagai Computer-supported cooperative working
*      Manajemen semi-struktur informasi seperti teks, image, , bulletin boards dan aliaran kerja
*      Data diatur sebagai dokumen
5.      Object Application Servers
*      Aplikasi client/server ditulis sebagai satu set objek komunikasi.
*      Client objects berkomunikasi dengan server objects melalui Object Request Broker (ORB).
*      Client meminta sebuah method pada remote object.
6.      Web Application Servers (Aplikasi Web Servers)
*      World Wide Web adalah aplikasi client server yang pertama yang digunakan untuk web.
*      Client dan servers berkomunikasi menggunakan RPC seperti protokol yang disebut HTTP.
Fungsi client server
Dalam konteks basis data, client mengatur interface berfungsi sebagai workstation tempat menjalankan aplikasi basis data. Client menerima permintaan pemakai, memeriksa sintaks dan generate kebutuhan basis data dalam SQL atau bahasa yang lain. Kemudian meneruskan pesan ke server, menunggu response dan bentuk response untuk pemakai akhir. Server menerima dan memproses permintaan basis data kemudian mengembalikan hasil ke client. Proses-proses ini melibatkan pemeriksaan autorisasi, jaminan integritas, pemeliharaan data dictionary dan mengerjakan query serta proses update. Selain itu juga menyediakan kontrol terhadap concurrency dan recovery.
Jenis layanan Client-Server antara lain :
1)      File Server : memberikan layanan fungsi pengelolaan file.
2)      Print Server : memberikan layanan fungsi pencetakan.
3)      Database Server : proses-proses fungsional mengenai database dijalankan pada mesin ini dan stasiun lain dapat minta pelayanan.
4)       DIP (Document Information Processing) : memberikan pelayanan fungsi penyimpanan, manajemen dan pengambilan data.


Kelebihan jaringan Client – Server
Ä  Dari segi kecepatan, tipe jaringan ini memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi , dikarenakan SERVER tidak dibebani sebagai Workstation.
Ä  Dari segi Back Up, tipe jaringan ini memiliki sistem Back Up dan keamanan yang lebih baik, dikarenakan Back Up dilakukan terpusat pada server.
Ä  Dari segi keamanan dan administrasi, Tipe jaringan ini lebih baik, dikarenakan hanya ada satu pemakai saja yang bertugas sebagai Administrator yang mengatur Sistem keamanan dan Administrasi dalam jaringan.
Kekurangan jaringan Client – Server
Ä  Segala jenis hubungan antara Server dan Workstation , tergantung seluruhnya kepada server, jika server mengalami gangguan , maka seluruh jaringan akan terganggu.
Ä  Biaya operasional yang mahal.
Ä  Memerlukan sebuah komputer yang memiliki kemampuan yang sangat baik yang akan dijadikansebagai server.
B.     JARINGAN KOMPUTER DAN SISTEM TERDISTRIBUSI
Sebelum jaringan komputer popular, user komputer pernah mengenal sistem terdistribusi. Terdapat hal yang cukup membingungkan dalam pemakaian istilah jaringan komputer dan sistem terdistribusi (distributed system). Persamaannya adalah keduanya merupakan sekumpulan komputer yang saling terkoneksi dengan dengan media transmisi yang relatif tidak jauh berbeda, sama-sama harus memindahkan file.
Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer atau perangkat yang saling terhubung dan terintegrasi dan dapat saling bertukar informasi. sehingga jaringan komputer biasanya terdiri dari dua buah komoputer yang terhubung melalui media wire atapun wireless. Sedangkan jaringan terdistribusi adalah sistem yang berada pada jaringan komputer. sehingga antara sistem terdistribusi dan jaringan komputer saling memiliki keterkaitan. Adapun perbedaan dan persamaan dari sistem terdistribusi diantaranya :
Persamaan
keduanya merupakan sekumpulan komputer yang saling terkoneksi dengan dengan media transmisi yang relatif tidak jauh  berbeda, sama-sama harus memindahkan file.
Perbedaan
JARINGAN KOMPUTER
SISTEM TERDISTRIBUSI
Komputer yang terhubung merupakan gabungan yang terdiri dari beberapa workstation atau juga gabungan komputer server dan client
Komputer yang terhubung terdiri dari host (komputer utama) dan terminal-terminal (komputer yang terhubung dengan komputer host)
Beberapa komputer terhubung agar dapat sharing, namun tiap pekerjaan ditangani sendiri sendiri oleh komputer yang meminta dan dimintai layanan.
Server hanya melayani permintaan sesuai antrian yang sudah diatur sistem.
Beberapa host komputer terhubung agar dapat mengerjakan sebuah atau beberapa pekerjaan besar bersama.
Host melayani beberapa terminal dan melakukan proses berdasarkan input dari terminal-terminal
Kualitas komunikasi data dipengaruhi oleh media transmisi yang digunakan.
Lamanya suatu proses dipengaruhi oleh spesifikasi hardware masing-masing station yg meminta layanan.
User dapat mengetahui proses yang sedang berlangsung (di komp station atau di server).
Kualitas komunikasi data dipengaruhi oleh sistem.
Lamanya suatu proses tergantung Sistem Operasi yang akan memilih prosesor komputer mana yang akan digunakan.
User tidak dapat mengetahui proses yang sedang berlangsung di host.
Metode komunikasi antar komputer dengan model Peer to Peer atau Client Server.
Metode komunikasi antar komputer tersentralisasi (terpusat pada komputer utama/host)
Masing-masing node atau workstation (pada metode peer to peer) tidak membutuhkan komputer server khusus untuk menangani seluruh pekerjaan.
Antar node bisa saling bertukar file atau resource yang dimiliki, sesuai keinginan/permission yg diatur pemilik komputer.
Masing-masing terminal membutuhkan host (komputer utama) untuk dapat aktif melakukan pekerjaan dan berkomunikasi dengan terminal lain.
Antar terminal tidak dapat saling sharing file atau resource tanpa campur tangan host (supervisor host).
Masing-masing user disetiap workstation (client) sadar betul akan proses yang sedang terjadi apabila ia meminta layanan atau mengirimkan data keserver.
User secara explisit (nyata) harus “login” pada server, kalau ingin memanfaatkan resource yang dimiliki oleh server. Secara explisit menyampaikan tugasnya dari jauh, secara explisit memindahkan file-file, namun secara umum menangani sendiri seluruh manajemen jaringan.
Masing-masing user disetiap terminal tidak dapat menyadari proses yang berlangsung pada sistem
User tidak perlu melakukan pekerjaan secara explisit, karena semua proses dan manajemen dilakukan/ ditangani secara otomatis oleh sistem tanpa diketahui user. Meskipun secara umum seorang user pada tiap terminal juga harus login untuk bisa memanfaatkan resource host.
Tiap user memiliki identitas & password yang unik untuk dapat login serta menggunakan resource yang terdapat di server.
Umumnya user tidak bisa menggunakan ID yang sama, untuk login ke server, namun policy seorang Admin dapat merubah aturan ini agar sebuah ID dapat digunakan bersama-sama secara terbatas.
Tiap user juga memiliki ID dan password untuk dapat login ke host & menggunakan resource yang disediakan.
Umumnya beberapa terminal dapat menggunakan ID yang sama untuk login ke komp host, namun Admin/Supervisor sistem dapat merubah dengan hanya mengijinkan satu ID untuk tiap terminal.
Keberadaan sejumlah komputer dalam jaringan tidak harus transparan disatu lokasi, sehingga secara fisik tidak dapat dilihat oleh user lain yang berada dalam jaringan.
Keberadaan sebuah atau sejumlah komputer atau terminal autonomous, bersifat transparan (jelas) bagi user, biasanya berada dalam suatu area lokasi.
Spesifikasi hardware server tidak harus lebih baik dari hardware client
Spesifikasi hardware host (komputer utama) harus lebih baik dari terminal.
Merupakan sistem yang menggabungkan kinerja perangkat dan aplikasi dari physical layer sampai dengan application layer
Merupakan suatu sistem perangkat lunak yang dibuat dan bekerja pada lapisan atas sebuah sistem jaringan.

C.     SEJARAH KOMPUTER DAN JARINGAN
C.1      SEJARAH KOMPUTER
Sejarah penciptaan komputer bermula dengan terciptanya alat-alat perniagaan, seperti Abakus yang sekarang ini dilakukan oleh komputer. Pada zaman dahulu pengiraan dilakukan dengan menggunakan jari, manik, kayu dan kulit kerang. Dengan terciptanya Abakus 5000 tahun yang lalu telah memudahkan ahli perniagaan dalam proses pengiraan asas campur, tolak dan darab.Ia telah digunakan secara meluas oleh ahli perniagaan China, Turki dan Yunani.
Blaise Pascal merupakan seorang ahli saintis dan matematik Perancis yang di lahirkan pada tahun 1623. Pada tahun 1642, beliau telah merekacipta satu mesin pengiraan  mekanikal yang pertama mengikut prinsip persepuluhan.
George Boole adalah seorang ahli matematik Inggeris pada tahun 1815-1864. Beliau telah mengembangkan konsep logik algebra True/False. Beliau juga telah memperkenalkan simbol matematik dan asas kepada penggunan dalam merekabentuk litar logik dalam komputer.
Charles Babbage dilahirkan pada 1792, merupakan seorang ahli matematik dan perekacipta. Beliau telah membina “The Difference Engine” yang boleh menyelesaikan pengiraan sifir matematik. Kemudian beliau telah memikirkan satu penciptaan mesin lain iaitu “Analytical Engine” yang diharapkan dapat melaksanakan pengiraan yang pelbagai. Malangnya mesin tersebut tidak sempat dibina semasa hidupnya. “Analytical Engine” mempunyai ciri-ciri komputer pada masa sekarang iaitu mempunyai peranti input, secondary storage, Processor, unit kawalan dan peranti output.
Augusta Ada Byron membantu Charles Babbage dalam membina arahan-arahan pengiraan bagi mesin “Analytical Engine”. Beliau merupakan pengaturcaraan komputer yang pertama dengan menggunakan “Analytical Engine”. Bahasa pengaturcaraan ‘ADA’ diambil sempena namanya. Beliau juga telah menerbitkan nota yang menggalakan ahli sains supaya menyempurnakan apa yang Charles Babbage tidak sempat lakukan.
Herman Hollerith telah membangunkan satu peranti automat yang boleh memproses pengiraan banci. Mesin tersebut dapat menyiapkan pengiraan banci dalam masa dua tahun. Pada tahun 1880, banci penduduk Amerika Syarikat diketahui keputusannya. Perbezaan diantara mesin Hollerith dan Babbage ialah mesin Hollerith menggunakan kuasa elektrik manakala mesin Babbage menggunakan kuasa mekanikal.
Howard Aiken telah memperkenalkan mesin elektromekanikal yang digelar MARK I. Dengan terhasilnya MARK I maka bermulalah komputer era moden. Mesin ini adalah untuk menyelesaikan pengiraan asas dan masalah fungsi-fungsi trigonometri. Ciri-ciri MARK I , mempunyai ketinggian 8 kaki dan panjangnya 55 kaki. Ia dibina daripada besi dan kaca, mengeluarkan bunyi yang kuat semasa pemprosesan dilalakukan, mengandungi lebih daripada 750000 bahagian yang diikat bersama menggunakan Wayar sepanjang 500 batu. Sebahagiannya daripada sistem berada pada aras yang berbeza. Dengan itu pengguna perlu naik ke atas mesin menggunakan tangga untuk memasangkan suis. Sementara itu, Dr. John Mauchly dan pelajarnya J. Presper Eckert diminta oleh pegawai tentera Amerika membina mesin yang boleh mengira peluru-peluru dengan cepat. Mereka telah merujuk kepada hasil kerja Dr. John Atanasoff dan pembantunya Clifford Berry. Atanasoff dan Berry berjaya membina komputer digital yang pertama menggunakan elektronik yang di gelar ABC (Atanasoff-Berry Computer). Manakala Mauchly dan Eckert telah menggunakan ABC sebagai asas untuk membangunkan komputer yang lain iaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator). ENIAC merupakan komputer pertama yang dicipta untuk tujuan umum kemudian muncul UNIVAC I iaitu komputer pertama yang diperdagangkan secara komersil.
C.2      SEJARAH JARINGAN KOMPUTER
Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer tahun 1940 di Amerika Serikat yang digagas oleh proyek Model I dilaboratorium Bell dan grup riste Universitas Harvard di pimpin oleh Profesor Howard Aiken. Kemudian tahun 1950 berkembang komputer super komputer yang ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu Time Sharing System itu untuk pertama kalinya terbentuk jaringan komputer. Tahun 1969 terbentuklah komputer yang jaringan organik yang dikenal istilah ARPANET tahun 1970.
Dan tahun 1972 Roy Tomlinson berhasil menemukan Email  untuk ARPANET dan kemudian berkembang pesat keluar Amerika Serikat. Komputer paling pertama sekali di luar amerika yaitu University College Di london yang menjadi anggota ARPANET  tahun 1973. Pada tanggal 26 maret 1976 Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals And Radar Establishment di Malvern dan setahun kemudian telah terhubung seratus komputer yang tergabung dengan ARPANET yang membentuk jaringan atau network.
Tom Truscoot, Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan grup baru  diberi nama USENET atau user network tahun 1979. Tahun 1981 France Telekom meluncurkan telepon televisi pertama yang mana orang-orang bisa saling nelpon berhubungan dengan video link. Tahun 1982 dibentuk sebuah transimisi control protokol atau lebih di kenal dengan internet protocol TCP/IP hingga saat ini. Dan dengan jaringan serupa maka muncul di eropa dengan istilah EUNET atau Europe Network yang meliputi wilayah inggris, belanda dan denmark serta swedia. EUNET menyediakan jasa surat elektronik dan news grup USENET.
Untuk menyeragamkan jaringan tersebut maka tahun 1984 diperkenalkan sistem penanaman domain dikenal dengan istilah DNS sehingga komputer terhubung lebih dari seribu komputer.dan pada tahun 1984 sepuluh kali lipat peningkatannya dari seribu komputer yang terhubung sebelumnya sehingga jaringan komputer terus berkembang hingga tahuj 1988, jarkko Oikarinen bangsa finlandia menemukan dan  memperkenalkan Internet Relay chat dengan istilah IRC yang bisa saling berkomunikasi antara komputer satu dengan komputer lainnya yang digunakan oleh user komputer itu sendiri.tahun 1990 tim Barner Lee merancang sebuah program penyunting dan penjelajah  komputer satu dengan yang lainnya sehingga membentuk sebuah jaringan, program inilah yang disebut dengan istilah Word Wide Web. Sehingga tahun 1992 lebih dari satu juta komputer terhubung setelah munculnya WWW tersebut. Tahun 1994 muncul situs-situs internet menjadi tiga ribu alamat halaman website untuk layanan perbelanjaan secara online di internet. Kemudian munculah software dan alamat yahoo mesengger dan netcape Navigator untuk mengirim chat dan email secara online.
C.3      SEJARAH SINGKAT INTERNET DAN WEB
1957 : Advanced Research Projects Agency (ARPA) dibentuk oleh Departement of Defence (DoD) USA.
1959 : Len Kleinrock menulis paper tentang packet switching.
1967 : Disain awal dari ARPANET diterbitkan.
1969 : DoD menggelar pengembangan ARPANET
1970 : ARPANET mulai menggunakan Network Control Protocol (NCP)
1972 : InterNetworking Working Group(INWG) dibentuk untuk mempromosikan standar yang sudah disepakati bersama. Spesifikasi dari telnet, diusulkan.
1973 : Ide ethernet dijabarkan dalam thesis PhD dari Bob Metcalfe. Spesifikasi untuk File Transfer, RFC 454, diusulkan.
1974 : Disain dari TCP/IP dijabarkan secara rinci oleh Vint Cerf dan Bob Kahn dalam "A Protocol for Packet Network Intercommunication".
1982 : TCP/IP menjadi protokol untuk ARPANET dan ini dispesifikasikan oleh DoD.
1992 : Jumlah Internet hosts melampaui 1.000.000. Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser. University of Nevada mengeluarkan sistem Veronica. Sebuah WWW browser  yang bernama  Viola diluncurkan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN WWW.
1993 : NSF membuat InterNIC untuk menjalankan Internet service seperti pendaftaran domain.Versi pertama dari Mosaic (untuk X Window) yang dikembangkan oleh Marc Andreesen dikeluarkan oleh NCSA White House online. National Information Infrastructure Act lolos dan pemerintah Amerika Serikat mulai lebih serius dalam penanganan Website.
1994 : PizzaHut online, merupakan contoh pertama dari aplikasi komerisal Internet. Spam mail menjadi kasus besar setelah sebuah lembaga hukum yang bernama Canter & Siegel menyebarkan mail ke seluruh dunia tentang servis untuk mendapatkan "green card". First Virtual menjalankan "CyberBank" yang pertama. Ditahun 1994 ini Yahoo! didirikan dan juga menjadi tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.
1995 : Compuserve, America Online, dan Prodiy mulai memberikan servis akses keInternet.Perusahaan Marc Andreesen, Netscape Communication Corporation, menjadi publik dan menjadi nomor 3 tertinggi untuk harga Initial Public Offericng (IPO) share di NASDAQ. NFS tidak lagi meng-gratiskan pendaftaran domain. Pengguna domain mulai membayar untuk sebuah domain yang digunakan dan dihosting ke internet.

C.4      TUJUAN / MANFAAT JARINGAN KOMPUTER
Manfaat jaringan komputer bagi user dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu: untuk kebutuhan perusahaan, dan jaringan untuk umum.
Tujuan utama dari terbangunnya sebuah jaringan pada suatu perusahaan adalah:
Resourcesharing yang bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan.
Saving Money (Penghematan uang/anggaran): Perangkat dan data yang dapat dishare akan membuat penghematan anggaran yang cukup besar, karena tidak perlu membeli perangkat baru untuk dipasang ditiap-tiap unit komputer.
High  reliability (kehandalan  tinggi):  Sistem  Informasi Manajemen Kantor Terpadu atau Sistem Pelayanan Satu Atap dengan teknologi client-server, internet maupun intranet dapat diterapkan pada jaringan komputer, sehingga dapat memberikan pelayanan yang handal, cepat dan akurat sesuai kebutuhan dan harapan.
Manfaat jaringan komputer untuk umum:
Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada pengguna di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada perusahaan. Terdapat tiga hal pokok yang mejadi daya tarik jaringan komputer pada perorangan yaitu:
1. Access ke informasi yang berada di tempat lain (seperti akses berita terkini, info e-goverment, e-commerce atau e business, semuanya up to date).
2. Komunikasi person to person (seperti e-mail, chatting, video conferene dll).
3. Hiburan interaktif (seperti nonton acara tv on-line, radio streaming, download film atau lagu, dll).
C.5      JENIS – JENIS JARINGAN
Secara umum jaringan komputer terbagi menjadi 3 jenis jaringan yaitu :
C.5.1   LOCAL AREA NETWORK (LAN)
Local Area Network (LAN) adalah jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource dan saling bertukar data.

Media Transmisi LAN dapat berbentuk kabel seperti UTP, serat optik, coaxsial, dan Wirieles LAN (WLAN). Pada sebuah jaringan LAN, kecepatan transfer datanya dalam kisaran 10 - 100 Mbps. Teknologi yang paling banyak di gunakan dalam jaringan LAN adalah teknologi IEEE 802.3 di mana hardware yang di gunakan adalah LAN Card/NIC.
Di sebuah Jaringan LAN, setiap komputer/node memiliki daya komputasi sendiri, lain halnya dengan konsep dump terminal. Tiap-tiap komputer juga bisa mengakses sumber daya yang terdapat di LAN sesuai dengan hak akses yang sudah ditetapkan. Sumber daya yang ada di LAN bisa berupa perangkat seperti printer atau juga bisa berupa data.
Kelebihan LAN
a)      Keamanan lebih terjamin karena penggunaan IP lokal jaringan hanya sampai sebatas switch dan selanjutnya router akan menghubungkan dengan IP publik.
b)      Lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional.
c)      Pemakaian sumber daya secara bersama-sama.
d)     Memungkinkan hubungan antar sistem dari beragam merk.
e)      Memungkinkan adanya transfer file antar bagian dengan melalui suatu server pengatur lalu lintas informasi.
f)       Efektifitas dan efisiensi kerja menjadi lebih produktif.
g)      Transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal.
h)      Copy data antar PC menjadi lebih cepat.
i)        Tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.
j)        Lebih irit dalam penggunaan kabel.
Kekurangan LAN
a)     Cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit.
b)     Area cakupan transfer data tidak begitu luas.
c)     Speed modem lambat, semakin banyak node semakin lemot koneksi internetnya.
d)     Ada kemungkinan password dapat ditembus.
e)     Perlu pengendali pemakain software.
f)      Software harus dirancang untuk multi user.
g)     Semua layer Model OSI harus dilaksanakan (protokol/aturan yang digunakan).
h)    Jika salah satu PC terkena virus, maka PC yang lain ikut terkena.
C.5.2   METROPOLITAN AREA NETWORK (MAN)
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

C.5.3    WIDE AREA NETWORK (WAN)
Wide Area Network (WAN) adalah suatu jaringan yang digunakan untuk membuat interkoneksi antar jaringan komputer local yang secara fisik tidak berdekatan satu sama lain, yang secara fisik bisa dipisahkan dengan kota, propinsi, atau bahkan melintasi batas geography – lintas negara dan benua. Ada beberapa Teknologi Jaringan WAN saat ini yang bisa kita gunakan. Berbeda dengan jaringan LAN, ada perbedaan utama antara keduanya dimana terletak pada jarak yang memisahkan jaringan-2 yang terhubung tersebut. WAN menggunakan media transmisi yang berbeda, maupun hardware dan protocol yang berbeda pula dengan LAN. Data transfer rate dalam komunikasi WAN umumnya jauh lebih rendah dibanding LAN.
Komunikasi Jaringan WAN
Teknologi Jaringan WAN bergantung pada fihak ketiga dalam hal ini perusahaan penyedia layanan Telecommunication yang menyediakan layanan hubungan jarak jauh. Tidak seperti pada jaringan LAN dimana koneksi antar device (komputer) ditransmisikan dari satu piranti digital / komputer kepada piranti digital lainnya melalui koneksi fisik secara langsung, teknologi jaringan WAN menggunakan kombinasi sinyal analog dan sinyal digital dalam melakukan transmisi data.
Pada implementasinya, teknologi WAN dapat bekerja pada lapisan datalink atau gabungan antara lapisan fisik dan datalink. Pada lapisan datalink yang dikerjakan merupakan proses sinkronisasi digital yang juga dilengkapi dengan authentikasi.  Pada lapisan fisik, sejumlah standarisasi pensinyalan yang didefinisikan pada type jalur tertentu dengan kapasitas maksimal data yang dapat dimuatkan pada media telah disediakan untuk membangun Wide Area Network (WAN). 



BAB III
PENUTUP

  1. KESIMPULAN
Jaringan computer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Selain itu, untuk memudahkan pengguna dalam mengakses jaringan computer maka dibuatlah macam – macam jaringan computer mulai dari bentuk yang paling sederhana sampai kepada bentuk yang sudah kompleks.
Dalam penggunaannya, jaringan di klasifikasikan berdasarkan fungsi tertentu ataupun berdasarkan tempat dan sumber utama pengolahan data. Selain itu, dalam jaringan komputer juga dikenal beberapa topologi dimana topologi jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Adapun perangkat perangkat yang sering digunakan dalam jaringan komputer seperti halnya bridge, router dan sebagainya. Peralatan-peralatan tersebut bekerja berdasarkan fungsinya masing-masing.
  1. SARAN
Makalah  ini dibuat untuk pembaca yang ingin mengetahui secara singkat tentang jaringan komputer yang merupakan sebuah kebutuhan pokok di era modernisasi ini. Oleh karena itu penulis menyarankan agar sekiranya membaca makalah ini sebagai sebuah referensi untuk mengetahui dan sebagai langkah awal untuk membangun sebuah jaringan komputer yang sederhana maupun yang kompleks sekalipun. Disisi lain tentunya makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu jika terdapat pesan serta saran yang membangun dalam penyempurnaan makalah ini mohon disampaikan kepada penulis.
DAFTAR PUSTAKA

Anonym. 2013. “Jaringan Komputer”. http://id.wikipedia.org/, diakses pada 27 April 2014.
Anonym. 2010. “Pengertian Peer To Peer”. http://www.manusiabiasa830.blogspot.com/, diakses pada 27 April 2014.
Anonym. 2013. “Sejarah Jaringan Komputer”. http://www.iptekinfo.com/, diakses pada 27 April 2014.
Feriantano. 2014. “Pengertian Local Area Network”. http://www.tutorialcarakomputer.com/, diakses pada 27 April 2014.
Harefa, Efri. 2012. “Pengertian & Definisi Client – Serverhttp://www.efriharefa.blogspot.com/, diakses pada 27 April 2014.
Rahman, Jaimi. 2013. “Sejarah”. http://www.jaimirahman.tripod.com/, diakses pada 27 April 2014.
Saipal. 2012. “Kelebihan & Kekurangan Jaringan Peer To Peer”. http://www.saipaljihad123.wordpress.com/, diakses pada 27 April 2014.

1 comments:

Anonymous said...

Merkur Progress Adjustable Safety Razor - XN
Merkur Progress Adjustable Safety Razor - XN - 온카지노 XN - XN. $54.99 USD Merkur Progress Adjustable Safety Razor. Price: หารายได้เสริม $54.99 USD 메리트 카지노 주소 $54.99 USD.

Post a Comment