“PENGANTAR
JARINGAN KOMPUTER”
NAMA = RIZKA AMALIAH ANAS
NIM =
1329040096
KELAS = PTIK 01
FAKULTAS
TEKNIK
UNIVERSITAS
NEGERI MAKASSAR
2014
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Swt. karena berkat rahmat, hidayah,
dan karuniaNyalah sehingga penulis mampu menyelesaikan makalah ini tepat pada
waktunya.
Makalah
ini memuat informasi tentang “Pengantar Jaringan Komputer” dimana di dalamnya
terdapat materi mulai dari pengertian computer hingga macam – macam jaringan computer
yang dibuat sebagai wadah untuk menambah ilmu pengetahuan serta pemahaman
mengenai jaringan komputer itu sendiri.
Namun
demikian, penulis menyadari bahwa makalah ini masih sangat jauh dari
kesempurnaan. Maka dengan itu, kritik dan saran yang membangun senantiasa
penulis harapkan demi kesempurnaan makalah – makalah selanjutnya. Terima kasih
kepada semua pihak yang telah membantu proses pembuatan makalah ini. Semoga
makalah ini bermanfaaat bagi pembaca. Amin.
Makassar,
02 Maret 2013
Rizka Amaliah Anas
DAFTAR ISI
Sampul…………………………...…………………………………………….......1
Kata
Pengantar……………………………………..……………………………...2
Daftar
Isi…………………………………………...………………………………3
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang……………………………………..………………….4
B. Rumusan
Makalah………………………………………...…………...4
C. Tujuan
Penulisan Makalah………………………………………...…..5
BAB
II PEMBAHASAN
A. Pengertian
Jaringan Komputer…………………………………......…5
B. Jaringan
Komputer & Sistem Terdistribusi…………………….…….14
C. Sejarah
Komputer & Jaringan..............................................................17
BAB
III PENUTUP
A. Kesimpulan…………………………..………………………………28
B. Saran………………………………………………………..………..28
Daftar
Pustaka……………………………………………………………..…….29
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
Seiring dengan perkembangan
modernisasi dewasa ini, pekerjaan manusia menjadi lebih rumit dan memiliki
kompleksitas budaya tinggi dalam pengerjaannya. Hal terpenting dalam
perkembangan dan dalam penyelesaian dari berbagai masalah belakangan ini adalah
bagaimana sesorang memperoleh data yang akurat, fleksibel, dan mudah
didapatkan. Hal ini tentunya memicu pemikiran manusia untuk menindak lanjuti
akar masalah tersebut dengan membuat sebuah jaringan yang mampu menghubungkan
sebuah komputer dengan komputer lainnya. Baik itu dalam suatu area tertentu
yang tertutup maupun yang lebih meluas dan mengglobal.
Melihat tingginya kebutuhan
akan informasi, dan menindak lanjuti atas kesulitan dalam penyaluran informasi
tersebut, kami selaku tim penulis berinisiatif untuk memberikan sedikit
pengetahuan dalam upaya mempermudah penyaluran informasi dan juga untuk
mengetahui seberapa penting dan bagaimanakah manfaat dari jaringan komputer
dengan mengangkat materi tentang jaringan komputer.
Zaman
sekarang, Internet dan World Wide Web (WWW) sangat populer di seluruh dunia.
Banyak masyarakat yang membutuhkan aplikasi yang berbasis Internet, seperti
E-Mail dan akses Web melalui internet. Sehingga makin banyak aplikasi bisnis
yang berkembang berjalan di atas internet. Transmission Control
Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) merupakan protokol yang melandasi internet
dan jaringan dunia.
- RUMUSAN MASALAH
1.
Apa pengertian jaringan computer ?
2.
Apa macam – macam jaringan computer ?
- TUJUAN PENULISAN MAKALAH
Adapun tujuan umum
penulisan makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Jaringan Komputer
Dasar Fakultas Teknik Univeritas Negeri Makassar.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN
JARINGAN KOMPUTER
Jaringan
komputer (jaringan) adalah
sebuah sistem
yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber
daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses
informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat
mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan
memberikan layanan (service). Pihak
yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang
memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server).
Desain ini disebut dengan sistem client-server,
dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi
jaringan komputer.
Dua
buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian
dihubungkan melalui kabel
maupun nirkabel
sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan
akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.
Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka
diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch,
Router, Gateway
sebagai peralatan interkoneksinya.
Jaringan komputer adalah himpunan “interkoneksi” antara 2 komputer
autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa
kabel (wireless). Bila sebuah komputer dapat membuat komputer lainnya restart,
shutdown, atau melakukan kontrol lainnya, maka komputer-komputer tersebut bukan
autonomous (tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh).
Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa
saling bertukar data /informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti file,
printer, media penyimpanan (hardisk, floppy disk, cd-rom, flash disk, all).
Data yang berupa teks, audio, maupun video bergerak melalui media kabel atau tanpa
kabel sehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer dapat
saling bertukar file/data, mencetak pada printer yang sama dan menggunakan
hardware/ software yang terhubung dalam jaringan secara bersama-sama.
Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dalam
jaringan disebut dengan node. Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangnya
terdiri dari dua unit komputer atau lebih, dapat berjumlah puluhan komputer,
rihuan, atau bahkan jutaan node yang saling terhubung sate sama lain. Di dalam
jaringan komputer dikenal sistem koneksi antarnode (komputer), yakni:
A.1 PEER TO
PEER
Peer to Peer adalah
adalah suatu teknologi sharing (pemakaian bersama) resource dan service antara
satu komputer dan komputer yang lain. pengertian yang lebih tepat mengenai peer
to peer (p2p) adalah sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu
komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga
memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara
langsung (real time).
Peer artinya rekan
sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer
(biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Untuk
penggunaan khusus, seperti laboratorium komputer, riset, dan beberapa
hal lain, maka model peer to peer ini bisa saja dikembangkan untuk koneksi lebih dari 10 hingga 100 komputer. Peer to peer adalah suatu model di mana tiap PC
dapat memakai resource pada PC lain atau memberikan resourcenya
untuk dipakai PC lain. Dengan kata lain dapat berfungsi sebagai client maupun
server pada periode yang sama. Metode peer to peer ini pada
sistem Windows dikenal sebagai Workgroup, di mana tiap-tiap komputer dalam satu jaringan
dikelompokkan dalam satu kelompok kerja.
Kelebihan
jaringan Peer To Peer
Ä Antar
komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang
di milikinya seperti hardisk, drive, modem dan printer.
Ä Biaya
operasional relatif lebih murah di bandingkan dengan tipe jaringan
clien-server. salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki
kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
Ä Kelangsungan
kerja tidak tergantung pada satu server. sehingga bila satu komputer mengalami
gangguan atau rusak tidak akan mengganggu komputer lain.
Ä Implementasinya
murah dan mudah.
Ä Tidak
memerlukan software administrasi jaringan yang khusus
Ä Tidak
memerlukan administrator jaringan.
Kekurangan jaringan Peer To Peer
Ä Jaringan
relatif lebih sulit, karena pada jaringan peer to peer setiap komputer di
mungkinkan akan terlibat dalam komunikasi yang ada.di
jaringan clien-server komunikasi adalah antara server dan workstation.
Ä Sistem
keamanan jaringan adalah di tentukan masing masing user dengan mengatur
keamanan masing masing fasilitas yang di miliki.
Ä Karena
data jaringan tersebar di masing masing komputer dalam jaringan. maka backup
harus dilakukan masing masing komputer tersebut.
Ä Jaringan tidak bisa terlalu besar (tidak bisa memperbesar
jaringan).
Ä Tingkat keamanan rendah.
Ä Tidak ada yang memanajemen jaringan.
Ä Pengguna komputer jaringan harus terlatih mengamankan komputer
masing-masing.
A.2 CLIENT –
SERVER
Client merupakan
sembarang sistem atau proses yang melakukan suatu permintaan data atau layanan
ke server sedangkan server ialah, sistem atau proses yang menyediakan data atau
layanan yang diminta oleh client.
Client-Server adalah
pembagian kerja antara server dan client yang mengakses server dalam suatu
jaringan. Jadi arsitektur client –
server adalah desain sebuah aplikasi terdiri dari client dan server yang saling
berkomunikasi ketika mengakses server dalam suatu jaringan.
Sistem
client server didefinisikan sebagai sistem terdistribusi, tetapi ada beberapa
perbedaan karakteristik yaitu :
1. Servis
(layanan)
§ Hubungan
antara proses yang berjalan pada mesin yang berbeda
§ Pemisahan
fungsi berdasarkan ide layanannya
§ Server
sebagai provider, client sebagai konsumen
2. Sharing
resources (sumber daya): Server bisa melayani beberapa client pada waktu yang
sama, dan meregulasi akses bersama untuk share sumber daya dalam menjamin
konsistensinya.
3.
Asymmetrical protocol (protokol yang tidak simetris ):
Many-to-one relationship antara client dan server.Client selalu menginisiasikan
dialog melalui layanan permintaan, dan server menunggu secara pasif request
dari client.
4. Transparansi
lokasi: Proses yang dilakukan server boleh terletak pada mesin yang sama atau
pada mesin yang berbeda melalui jaringan.Lokasi server harus mudah diakses dari
client.
5.
Mix-and-Match : Perbedaan server client platforms
6. Pesan
berbasiskan komunikasi; Interaksi server dan client melalui pengiriman pesan
yang menyertakan permintaan dan jawaban.
7. Pemisahan
interface dan implementasi: Server bisa diupgrade tanpa mempengaruhi client
selama interface pesan yang diterbitkan tidak berubah.
§ Client Server
System
§ Client /
Server Application
Perbedaan
Tipe Client-Server
1. File Servers
2. Database
Servers
3. Transaction
Servers (Transaksi Server)
4. Groupsware
Servers
5. Object
Application Servers
6. Web
Application Servers (Aplikasi Web Servers)
Fungsi client server
Dalam konteks basis data, client mengatur interface berfungsi sebagai
workstation tempat menjalankan aplikasi basis data. Client menerima permintaan
pemakai, memeriksa sintaks dan generate kebutuhan basis data dalam SQL atau
bahasa yang lain. Kemudian meneruskan pesan ke server, menunggu response dan
bentuk response untuk pemakai akhir. Server menerima dan memproses permintaan
basis data kemudian mengembalikan hasil ke client. Proses-proses ini melibatkan
pemeriksaan autorisasi, jaminan integritas, pemeliharaan data dictionary dan
mengerjakan query serta proses update. Selain itu juga menyediakan kontrol
terhadap concurrency dan recovery.
Jenis layanan Client-Server
antara lain :
1)
File Server : memberikan layanan fungsi pengelolaan file.
2)
Print Server : memberikan layanan fungsi pencetakan.
3)
Database Server : proses-proses fungsional mengenai database dijalankan pada mesin
ini dan stasiun lain dapat minta pelayanan.
4)
DIP (Document Information Processing) : memberikan pelayanan fungsi penyimpanan, manajemen dan pengambilan
data.
Kelebihan
jaringan Client – Server
Ä Dari segi
kecepatan, tipe jaringan ini memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi ,
dikarenakan SERVER tidak dibebani sebagai Workstation.
Ä Dari segi
Back Up, tipe jaringan ini memiliki sistem Back Up dan keamanan yang lebih
baik, dikarenakan Back Up dilakukan terpusat pada server.
Ä Dari segi
keamanan dan administrasi, Tipe jaringan ini lebih baik, dikarenakan hanya ada
satu pemakai saja yang bertugas sebagai Administrator yang mengatur Sistem
keamanan dan Administrasi dalam jaringan.
Kekurangan
jaringan Client – Server
Ä Segala jenis
hubungan antara Server dan Workstation , tergantung seluruhnya kepada server,
jika server mengalami gangguan , maka seluruh jaringan akan terganggu.
Ä Biaya
operasional yang mahal.
Ä Memerlukan
sebuah komputer yang memiliki kemampuan yang sangat baik yang akan
dijadikansebagai server.
B.
JARINGAN KOMPUTER DAN SISTEM TERDISTRIBUSI
Sebelum jaringan komputer popular, user komputer pernah mengenal
sistem terdistribusi. Terdapat hal yang cukup membingungkan dalam pemakaian
istilah jaringan komputer dan sistem terdistribusi (distributed system).
Persamaannya adalah keduanya merupakan sekumpulan komputer yang saling
terkoneksi dengan dengan media transmisi yang relatif tidak jauh berbeda,
sama-sama harus memindahkan file.
Jaringan Komputer adalah sekumpulan
komputer atau perangkat yang saling terhubung dan terintegrasi dan dapat saling
bertukar informasi. sehingga jaringan komputer biasanya terdiri dari dua buah
komoputer yang terhubung melalui media wire atapun wireless. Sedangkan jaringan
terdistribusi adalah sistem yang berada pada jaringan komputer. sehingga antara
sistem terdistribusi dan jaringan komputer saling memiliki keterkaitan.
Adapun perbedaan dan persamaan dari sistem terdistribusi diantaranya :
Persamaan
keduanya merupakan
sekumpulan komputer yang saling terkoneksi dengan dengan media transmisi yang relatif
tidak jauh berbeda, sama-sama harus memindahkan file.
Perbedaan
JARINGAN KOMPUTER
|
SISTEM TERDISTRIBUSI
|
Komputer yang terhubung merupakan
gabungan yang terdiri dari beberapa workstation atau juga gabungan komputer
server dan client
|
Komputer yang terhubung terdiri
dari host (komputer utama) dan terminal-terminal (komputer yang terhubung
dengan komputer host)
|
Beberapa komputer terhubung agar
dapat sharing, namun tiap pekerjaan ditangani sendiri sendiri oleh komputer
yang meminta dan dimintai layanan.
Server hanya melayani permintaan
sesuai antrian yang sudah diatur sistem.
|
Beberapa host komputer terhubung
agar dapat mengerjakan sebuah atau beberapa pekerjaan besar bersama.
Host melayani beberapa terminal dan
melakukan proses berdasarkan input dari terminal-terminal
|
Kualitas komunikasi data
dipengaruhi oleh media transmisi yang digunakan.
Lamanya suatu proses dipengaruhi
oleh spesifikasi hardware masing-masing station yg meminta layanan.
User dapat mengetahui proses yang
sedang berlangsung (di komp station atau di server).
|
Kualitas komunikasi data
dipengaruhi oleh sistem.
Lamanya suatu proses tergantung
Sistem Operasi yang akan memilih prosesor komputer mana yang akan digunakan.
User tidak dapat mengetahui proses
yang sedang berlangsung di host.
|
Metode komunikasi antar komputer
dengan model Peer to Peer atau Client Server.
|
Metode komunikasi antar komputer tersentralisasi
(terpusat pada komputer utama/host)
|
Masing-masing node atau workstation
(pada metode peer to peer) tidak membutuhkan komputer server khusus untuk
menangani seluruh pekerjaan.
Antar node
bisa saling bertukar file atau resource yang dimiliki, sesuai
keinginan/permission yg diatur pemilik komputer.
|
Masing-masing terminal membutuhkan
host (komputer utama) untuk dapat aktif melakukan pekerjaan dan berkomunikasi
dengan terminal lain.
Antar
terminal tidak dapat saling sharing file atau resource tanpa campur tangan
host (supervisor host).
|
Masing-masing user disetiap
workstation (client) sadar betul akan proses yang sedang terjadi apabila ia
meminta layanan atau mengirimkan data keserver.
User secara explisit (nyata) harus
“login” pada server, kalau ingin memanfaatkan resource yang dimiliki oleh
server. Secara explisit menyampaikan tugasnya dari jauh, secara explisit
memindahkan file-file, namun secara umum menangani sendiri seluruh manajemen
jaringan.
|
Masing-masing user disetiap
terminal tidak dapat menyadari proses yang berlangsung pada sistem
User tidak perlu melakukan
pekerjaan secara explisit, karena semua proses dan manajemen dilakukan/
ditangani secara otomatis oleh sistem tanpa diketahui user. Meskipun secara
umum seorang user pada tiap terminal juga harus login untuk bisa memanfaatkan
resource host.
|
Tiap user memiliki identitas &
password yang unik untuk dapat login serta menggunakan resource yang terdapat
di server.
Umumnya user tidak bisa menggunakan
ID yang sama, untuk login ke server, namun policy seorang Admin dapat merubah
aturan ini agar sebuah ID dapat digunakan bersama-sama secara terbatas.
|
Tiap user juga memiliki ID dan
password untuk dapat login ke host & menggunakan resource yang
disediakan.
Umumnya beberapa terminal dapat
menggunakan ID yang sama untuk login ke komp host, namun Admin/Supervisor
sistem dapat merubah dengan hanya mengijinkan satu ID untuk tiap terminal.
|
Keberadaan sejumlah komputer dalam
jaringan tidak harus transparan disatu lokasi, sehingga secara fisik tidak
dapat dilihat oleh user lain yang berada dalam jaringan.
|
Keberadaan sebuah atau sejumlah
komputer atau terminal autonomous, bersifat transparan (jelas) bagi user,
biasanya berada dalam suatu area lokasi.
|
Spesifikasi hardware server tidak
harus lebih baik dari hardware client
|
Spesifikasi hardware host (komputer
utama) harus lebih baik dari terminal.
|
Merupakan sistem yang menggabungkan
kinerja perangkat dan aplikasi dari physical layer sampai dengan application
layer
|
Merupakan suatu sistem perangkat
lunak yang dibuat dan bekerja pada lapisan atas sebuah sistem jaringan.
|
C.
SEJARAH KOMPUTER DAN JARINGAN
C.1 SEJARAH KOMPUTER
Sejarah penciptaan komputer bermula dengan terciptanya alat-alat
perniagaan, seperti Abakus yang
sekarang ini dilakukan oleh komputer. Pada zaman dahulu pengiraan dilakukan
dengan menggunakan jari, manik, kayu dan kulit kerang. Dengan terciptanya
Abakus 5000 tahun yang lalu telah memudahkan ahli perniagaan dalam proses
pengiraan asas campur, tolak dan darab.Ia telah digunakan secara meluas oleh
ahli perniagaan China, Turki dan Yunani.
Blaise
Pascal merupakan seorang ahli saintis dan matematik Perancis yang di lahirkan
pada tahun 1623. Pada tahun 1642, beliau telah merekacipta satu mesin
pengiraan mekanikal yang pertama
mengikut prinsip persepuluhan.
George Boole adalah
seorang ahli matematik Inggeris pada tahun 1815-1864. Beliau telah
mengembangkan konsep logik algebra True/False. Beliau juga telah memperkenalkan
simbol matematik dan asas kepada penggunan dalam merekabentuk litar logik dalam
komputer.
Charles
Babbage dilahirkan pada 1792, merupakan seorang ahli matematik dan perekacipta.
Beliau telah membina “The Difference
Engine” yang boleh menyelesaikan pengiraan sifir matematik. Kemudian beliau
telah memikirkan satu penciptaan mesin lain iaitu “Analytical Engine” yang diharapkan dapat melaksanakan pengiraan
yang pelbagai. Malangnya mesin tersebut tidak sempat dibina semasa hidupnya.
“Analytical Engine” mempunyai ciri-ciri komputer pada masa sekarang iaitu
mempunyai peranti input, secondary storage, Processor, unit kawalan dan peranti
output.
Augusta Ada
Byron membantu Charles Babbage dalam
membina arahan-arahan pengiraan bagi mesin “Analytical
Engine”. Beliau merupakan pengaturcaraan komputer yang pertama dengan
menggunakan “Analytical Engine”. Bahasa pengaturcaraan ‘ADA’ diambil sempena namanya. Beliau juga telah menerbitkan nota
yang menggalakan ahli sains supaya menyempurnakan apa yang Charles Babbage
tidak sempat lakukan.
Herman
Hollerith telah membangunkan satu peranti automat yang boleh memproses pengiraan
banci. Mesin tersebut dapat menyiapkan pengiraan banci dalam masa dua tahun.
Pada tahun 1880, banci penduduk Amerika Syarikat diketahui keputusannya.
Perbezaan diantara mesin Hollerith
dan Babbage ialah mesin Hollerith
menggunakan kuasa elektrik manakala mesin Babbage menggunakan kuasa mekanikal.
Howard Aiken telah
memperkenalkan mesin elektromekanikal yang digelar MARK I. Dengan terhasilnya MARK
I maka bermulalah komputer era moden. Mesin ini adalah untuk menyelesaikan
pengiraan asas dan masalah fungsi-fungsi trigonometri. Ciri-ciri MARK I ,
mempunyai ketinggian 8 kaki dan panjangnya 55 kaki. Ia dibina daripada besi dan
kaca, mengeluarkan bunyi yang kuat semasa pemprosesan dilalakukan, mengandungi
lebih daripada 750000 bahagian yang diikat bersama menggunakan Wayar sepanjang
500 batu. Sebahagiannya daripada sistem berada pada aras yang berbeza. Dengan
itu pengguna perlu naik ke atas mesin menggunakan tangga untuk memasangkan
suis. Sementara itu, Dr. John Mauchly
dan pelajarnya J. Presper Eckert
diminta oleh pegawai tentera Amerika membina mesin yang boleh mengira
peluru-peluru dengan cepat. Mereka telah merujuk kepada hasil kerja Dr. John Atanasoff dan pembantunya Clifford Berry. Atanasoff dan Berry berjaya
membina komputer digital yang pertama menggunakan elektronik yang di gelar ABC (Atanasoff-Berry Computer).
Manakala Mauchly dan Eckert telah menggunakan ABC sebagai asas untuk membangunkan
komputer yang lain iaitu ENIAC
(Electronic Numerical Integrator And Calculator). ENIAC merupakan komputer pertama yang dicipta untuk tujuan umum
kemudian muncul UNIVAC I iaitu
komputer pertama yang diperdagangkan secara komersil.
C.2 SEJARAH JARINGAN KOMPUTER
Sejarah jaringan komputer bermula dari
lahirnya konsep jaringan komputer tahun 1940 di Amerika Serikat yang digagas
oleh proyek Model I dilaboratorium Bell dan grup riste Universitas Harvard di
pimpin oleh Profesor Howard Aiken. Kemudian tahun 1950 berkembang komputer
super komputer yang ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu Time
Sharing System itu untuk pertama kalinya terbentuk jaringan komputer. Tahun
1969 terbentuklah komputer yang jaringan organik yang dikenal istilah ARPANET
tahun 1970.
Dan tahun 1972 Roy Tomlinson berhasil
menemukan Email untuk ARPANET dan kemudian berkembang pesat keluar
Amerika Serikat. Komputer paling pertama sekali di luar amerika yaitu
University College Di london yang menjadi anggota ARPANET tahun 1973.
Pada tanggal 26 maret 1976 Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik
dari Royal Signals And Radar Establishment di Malvern dan setahun kemudian
telah terhubung seratus komputer yang tergabung dengan ARPANET yang membentuk
jaringan atau network.
Tom Truscoot,
Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan grup baru diberi nama USENET
atau user network tahun 1979. Tahun 1981 France Telekom meluncurkan telepon
televisi pertama yang mana orang-orang bisa saling nelpon berhubungan dengan
video link. Tahun 1982 dibentuk sebuah transimisi control protokol atau lebih
di kenal dengan internet protocol TCP/IP hingga saat ini. Dan dengan jaringan
serupa maka muncul di eropa dengan istilah EUNET atau Europe Network yang
meliputi wilayah inggris, belanda dan denmark serta swedia. EUNET menyediakan
jasa surat elektronik dan news grup USENET.
Untuk
menyeragamkan jaringan tersebut maka tahun 1984 diperkenalkan sistem penanaman
domain dikenal dengan istilah DNS sehingga komputer terhubung lebih dari seribu
komputer.dan pada tahun 1984 sepuluh kali lipat peningkatannya dari seribu
komputer yang terhubung sebelumnya sehingga jaringan komputer terus berkembang
hingga tahuj 1988, jarkko Oikarinen bangsa finlandia menemukan dan
memperkenalkan Internet Relay chat dengan istilah IRC yang bisa saling
berkomunikasi antara komputer satu dengan komputer lainnya yang digunakan oleh
user komputer itu sendiri.tahun 1990 tim Barner Lee merancang sebuah program
penyunting dan penjelajah komputer satu dengan yang lainnya sehingga
membentuk sebuah jaringan, program inilah yang disebut dengan istilah Word Wide
Web. Sehingga tahun 1992 lebih dari satu juta komputer terhubung setelah
munculnya WWW tersebut. Tahun 1994 muncul situs-situs internet menjadi tiga
ribu alamat halaman website untuk layanan perbelanjaan secara online di
internet. Kemudian munculah software dan alamat yahoo mesengger dan netcape
Navigator untuk mengirim chat dan email secara online.
C.3 SEJARAH SINGKAT INTERNET DAN WEB
1957 : Advanced Research Projects Agency (ARPA) dibentuk oleh Departement
of Defence (DoD) USA.
1959 : Len Kleinrock menulis paper tentang packet switching.
1967 : Disain awal dari ARPANET diterbitkan.
1969 : DoD menggelar pengembangan ARPANET
1970 : ARPANET mulai menggunakan Network Control Protocol (NCP)
1972 : InterNetworking Working Group(INWG) dibentuk untuk mempromosikan
standar yang sudah disepakati bersama. Spesifikasi dari telnet, diusulkan.
1973 : Ide ethernet dijabarkan dalam thesis PhD dari Bob Metcalfe.
Spesifikasi untuk File Transfer, RFC 454, diusulkan.
1974 : Disain dari TCP/IP dijabarkan secara rinci oleh Vint Cerf dan Bob
Kahn dalam "A Protocol for Packet Network Intercommunication".
1982 : TCP/IP menjadi protokol untuk ARPANET dan ini dispesifikasikan oleh
DoD.
1992 : Jumlah Internet hosts melampaui 1.000.000. Tim Berners Lee menemukan
program editor dan browser. University of Nevada mengeluarkan sistem Veronica.
Sebuah WWW browser yang bernama Viola diluncurkan oleh Pei Wei dan
didistribusikan bersama CERN WWW.
1993 : NSF membuat InterNIC untuk menjalankan Internet service seperti
pendaftaran domain.Versi pertama dari Mosaic (untuk X Window) yang dikembangkan
oleh Marc Andreesen dikeluarkan oleh NCSA White House online. National
Information Infrastructure Act lolos dan pemerintah Amerika Serikat mulai lebih
serius dalam penanganan Website.
1994 : PizzaHut online, merupakan contoh pertama dari aplikasi komerisal
Internet. Spam mail menjadi kasus besar setelah sebuah lembaga hukum yang
bernama Canter & Siegel menyebarkan mail ke seluruh dunia tentang servis
untuk mendapatkan "green card". First Virtual menjalankan
"CyberBank" yang pertama. Ditahun 1994 ini Yahoo! didirikan
dan juga menjadi tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.
1995 : Compuserve, America Online, dan Prodiy mulai memberikan servis akses
keInternet.Perusahaan Marc Andreesen, Netscape Communication Corporation,
menjadi publik dan menjadi nomor 3 tertinggi untuk harga Initial Public
Offericng (IPO) share di NASDAQ. NFS tidak lagi meng-gratiskan pendaftaran
domain. Pengguna domain mulai membayar untuk sebuah domain yang digunakan dan
dihosting ke internet.
C.4 TUJUAN / MANFAAT JARINGAN KOMPUTER
Manfaat jaringan komputer bagi user dapat dikelompokkan menjadi
dua, yaitu: untuk kebutuhan perusahaan, dan jaringan untuk umum.
Tujuan utama dari terbangunnya sebuah jaringan pada suatu perusahaan
adalah:
Resourcesharing yang
bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh
setiap orang yang ada pada jaringan.
Saving Money (Penghematan
uang/anggaran): Perangkat dan data yang dapat dishare akan membuat penghematan
anggaran yang cukup besar, karena tidak perlu membeli perangkat baru untuk
dipasang ditiap-tiap unit komputer.
High reliability (kehandalan tinggi): Sistem
Informasi Manajemen Kantor Terpadu atau Sistem Pelayanan Satu Atap dengan
teknologi client-server, internet maupun intranet dapat diterapkan pada
jaringan komputer, sehingga dapat memberikan pelayanan yang handal, cepat dan
akurat sesuai kebutuhan dan harapan.
Manfaat jaringan komputer untuk umum:
Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada
pengguna di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada
perusahaan. Terdapat tiga hal pokok yang mejadi daya tarik jaringan komputer
pada perorangan yaitu:
1. Access ke informasi yang berada di tempat lain
(seperti akses
berita terkini, info e-goverment, e-commerce atau
e business, semuanya up to date).
2. Komunikasi person to person (seperti e-mail,
chatting, video conferene dll).
3. Hiburan interaktif (seperti nonton acara tv
on-line, radio streaming, download film atau lagu, dll).
C.5 JENIS – JENIS JARINGAN
Secara umum jaringan
komputer terbagi menjadi 3 jenis jaringan yaitu :
C.5.1 LOCAL AREA NETWORK (LAN)
Local Area Network (LAN) adalah jaringan milik pribadi di
dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN
seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan
workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama
resource dan saling bertukar data.
Media
Transmisi LAN dapat berbentuk kabel seperti UTP, serat optik, coaxsial, dan
Wirieles LAN (WLAN). Pada sebuah jaringan LAN, kecepatan transfer datanya dalam
kisaran 10 - 100 Mbps. Teknologi yang paling banyak di gunakan dalam jaringan
LAN adalah teknologi IEEE 802.3 di mana hardware yang di gunakan adalah LAN Card/NIC.
Di sebuah
Jaringan LAN, setiap komputer/node memiliki daya komputasi sendiri, lain halnya
dengan konsep dump terminal. Tiap-tiap komputer juga bisa mengakses sumber daya
yang terdapat di LAN sesuai dengan hak akses yang sudah ditetapkan. Sumber daya
yang ada di LAN bisa berupa perangkat seperti printer atau juga bisa berupa
data.
Kelebihan LAN
a)
Keamanan lebih terjamin karena penggunaan IP lokal jaringan hanya sampai sebatas switch dan selanjutnya router akan menghubungkan dengan IP publik.
b)
Lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional.
c)
Pemakaian sumber daya secara bersama-sama.
d)
Memungkinkan hubungan antar sistem dari beragam merk.
e)
Memungkinkan adanya transfer file antar bagian dengan
melalui suatu server pengatur lalu lintas informasi.
f)
Efektifitas dan efisiensi kerja menjadi lebih
produktif.
g)
Transfer data antar node dan komputer labih cepat
karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal.
h)
Copy data antar PC menjadi lebih cepat.
i)
Tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat
sebuah jaringan LAN.
j)
Lebih irit dalam penggunaan kabel.
Kekurangan LAN
a)
Cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk
berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit.
b)
Area cakupan transfer data tidak begitu luas.
c)
Speed modem lambat, semakin banyak node semakin lemot
koneksi internetnya.
d)
Ada kemungkinan password dapat ditembus.
e)
Perlu pengendali pemakain software.
f)
Software harus dirancang untuk multi user.
g)
Semua layer Model OSI harus dilaksanakan (protokol/aturan yang digunakan).
h)
Jika salah satu PC terkena virus, maka PC yang lain
ikut terkena.
C.5.2 METROPOLITAN AREA NETWORK (MAN)
Metropolitan
area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan
transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti
kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan
dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini
merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan
MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi,
yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan,
dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari
MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk
membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi
dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
C.5.3 WIDE AREA NETWORK (WAN)
Wide Area Network (WAN)
adalah suatu jaringan yang digunakan untuk membuat interkoneksi antar jaringan komputer local
yang secara fisik tidak berdekatan satu sama lain, yang secara fisik bisa
dipisahkan dengan kota, propinsi, atau bahkan melintasi batas geography –
lintas negara dan benua. Ada beberapa Teknologi Jaringan WAN saat ini
yang bisa kita gunakan. Berbeda dengan jaringan LAN, ada
perbedaan utama antara keduanya dimana terletak pada jarak yang memisahkan
jaringan-2 yang terhubung tersebut. WAN menggunakan media transmisi yang
berbeda, maupun hardware dan protocol yang berbeda pula dengan LAN. Data
transfer rate dalam komunikasi WAN umumnya jauh lebih rendah dibanding LAN.
Komunikasi Jaringan WAN
Teknologi Jaringan WAN bergantung pada fihak
ketiga dalam hal ini perusahaan penyedia layanan Telecommunication yang
menyediakan layanan hubungan jarak jauh. Tidak seperti pada jaringan LAN dimana
koneksi antar device (komputer) ditransmisikan dari satu piranti digital /
komputer kepada piranti digital lainnya melalui koneksi fisik secara langsung,
teknologi jaringan WAN menggunakan kombinasi sinyal analog dan sinyal digital
dalam melakukan transmisi data.
Pada implementasinya,
teknologi WAN dapat bekerja pada lapisan datalink atau gabungan antara lapisan
fisik dan datalink. Pada lapisan datalink yang dikerjakan merupakan proses
sinkronisasi digital yang juga dilengkapi dengan authentikasi. Pada
lapisan fisik, sejumlah standarisasi pensinyalan yang didefinisikan pada type
jalur tertentu dengan kapasitas maksimal data yang dapat dimuatkan pada media
telah disediakan untuk membangun
Wide Area Network (WAN).
BAB
III
PENUTUP
- KESIMPULAN
Jaringan
computer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan
lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Agar
dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta
dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut
klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server).
Selain itu, untuk memudahkan pengguna dalam mengakses jaringan computer maka
dibuatlah macam – macam jaringan computer mulai dari bentuk yang paling
sederhana sampai kepada bentuk yang sudah kompleks.
Dalam penggunaannya,
jaringan di klasifikasikan berdasarkan fungsi tertentu ataupun berdasarkan
tempat dan sumber utama pengolahan data. Selain itu, dalam jaringan komputer
juga dikenal beberapa topologi dimana topologi jaringan adalah hal yang
menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan,
yaitu node, link, dan station. Adapun perangkat perangkat yang sering digunakan
dalam jaringan komputer seperti halnya bridge, router dan sebagainya.
Peralatan-peralatan tersebut bekerja berdasarkan fungsinya masing-masing.
- SARAN
Makalah ini dibuat
untuk pembaca yang ingin mengetahui secara singkat tentang jaringan komputer
yang merupakan sebuah kebutuhan pokok di era modernisasi ini. Oleh karena itu
penulis menyarankan agar sekiranya membaca makalah ini sebagai sebuah referensi
untuk mengetahui dan sebagai langkah awal untuk membangun sebuah jaringan
komputer yang sederhana maupun yang kompleks sekalipun. Disisi lain tentunya
makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu jika terdapat pesan
serta saran yang membangun dalam penyempurnaan makalah ini mohon disampaikan
kepada penulis.
DAFTAR PUSTAKA
Anonym.
2013. “Jaringan Komputer”. http://id.wikipedia.org/, diakses pada 27
April 2014.
Anonym.
2010. “Pengertian Peer To Peer”. http://www.manusiabiasa830.blogspot.com/,
diakses pada 27 April 2014.
Anonym.
2013. “Sejarah Jaringan Komputer”. http://www.iptekinfo.com/, diakses pada 27
April 2014.
Feriantano.
2014. “Pengertian Local Area Network”.
http://www.tutorialcarakomputer.com/,
diakses pada 27 April 2014.
Harefa,
Efri. 2012. “Pengertian & Definisi
Client – Server” http://www.efriharefa.blogspot.com/,
diakses pada 27 April 2014.
Rahman,
Jaimi. 2013. “Sejarah”. http://www.jaimirahman.tripod.com/,
diakses pada 27 April 2014.
Saipal.
2012. “Kelebihan & Kekurangan
Jaringan Peer To Peer”. http://www.saipaljihad123.wordpress.com/,
diakses pada 27 April 2014.

















1 comments:
Merkur Progress Adjustable Safety Razor - XN
Merkur Progress Adjustable Safety Razor - XN - 온카지노 XN - XN. $54.99 USD Merkur Progress Adjustable Safety Razor. Price: หารายได้เสริม $54.99 USD 메리트 카지노 주소 $54.99 USD.
Post a Comment